Senin, 21 Maret 2016

Bubuk Cin Cau Hitam Batavia

Bubuk Cincau Hitam

BUBUK CINCAU HITAM

Bubuk Cincau Hitam Instan merupakan bubuk instan hasil ektraksi untuk pembuatan cincau hitam yang dibuat dari bahan alami daun cincau hitam.
Cincau hitam adalah sejenis gel berwarna hitam kecoklat-coklatan yang digunakan dalam pembuatan makanan pencuci mulut (dessert gel). Sebagai makanan pencuci mulut, cincau hitam yang dipotong-potong berbentuk kubus disajikan di dalam sirup encer dingin, kadang-kadang dicampur dengan potongan buah dan serutan kelapa muda
Batavia Cappucino menyediakan Bubuk cincau hitam instan yang dijual dalam kemasan 1 kg.
Cincau hitam dibuat dari daun dan batang mesona palustris (janggelan) yang dikeringkan.Si hitam kenyal ini kini lagi jadi primadona saat bulan puasa tiba. Rasanya yang kenyal legit membuatnya dicari sebagai pelepas dahaga. Dipotong kecil dan dicampur dengan berbagai bahan untuk es campur. Mungkin Anda sering merasakan nikmatnya kesegaran es campur dengan campuran cincau hitam di dalamnya. Selain rasanya yang enak jika dcampur dengan parutan es dan buah, cincau hijau juga memiliki rasa yang adem dan segar ketika dimakan. Dengan adanya bubuk cincau hitam instan makin memudahkan anda membuat cincau hitam yang lezat.
Cincau hitam yang dibuat dari bubuk cincau hitam instan juga biasanya ada pada aneka minuman es campur serta jenis minuman es lain yang warnanya hitam pekat berbentuk kotak-kotak berukuran kecil. Di negara-negara maju, seperti di Jepang atau Korea, cincau hitam sudah diproduksi menjadi ekstrak bubuk cincau hitam siap pakai untuk membuat jeli cincau sendiri di rumah. Namun ada pula yang dikemas kalengan yang siap ditambahkan dalam minuman atau dessert segar.Di Indonesia sendiri dengan mudah mendapatkan cincau segar di pasaran.  Cincau paling banyak digunakan sebagai komponen utama minuman penyegar (misalnya dalam es cincau atau es campur). Dan ternyata cincau memiliki efek penyejuk serta peluruh (diuretik). Cincau hitam dan cincau hijau, keduanya berbeda dalam hal warna, cita-rasa, penampakan, bahan baku, dan cara pembuatan. Tapi, kedua cincau tersebut rasanya enak, kenyal, dan hampir menyerupai agar-agar.

Bahan Baku Cincau Hitam/bubuk cincau hitam instan

Cincau hitam dibuat dari bahan baku daun janggelan. Daun janggelan sendiri biasa di jual di pasar-pasar dalam bentuk sudah jadi.Tanaman janggelan mungkin masih asing di telinga masyarakat. Namun, jika menyebut nama cincau hitam, mungkin hampir semua kalangan mengenal makanan ini. Daun janggelan merupakan bahan pokok yang digunakan untuk memproduksi cincau hitam. Cincau hitam (Mesona palustris BL) termasuk dalam famili Labiate. Awalnya tanaman cincau berasal dari Asia dan menyebar ke India, Birma, Indocina, Philipina sampai Indonesia. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di daerah yang memiliki ketinggian 75-2300 m di atas permukaan laut. Ciri-cirinya, berbatang kecil dan ramping, pada ujung batang tumbuh batang-batang kecil, ada yang tumbuh menjalar ke tanah dan ada pula yang tegak. Memiliki bentuk daun yang lonjong, berujung runcing. Bentuk bunga mirip dengan kembang kemangi berwarna merah muda atau putih keunguan.
Dari daun dan batang inilah menghasilkan gelatin hijau kehitaman. Oleh karena itu dikenal dengan nama cincau hitam. Pembudidayaan tanaman ini sangat mudah karena tidak memerlukan pemeliharaan secara khusus. Karena setelah berumur tiga hingga empat bulan tanaman bisa dilakukan pemanenan pertama dengan cara memotong sebagian tanaman menggunakan sabit sehingga bagian yang tertinggal dapat tumbuh kembali. Tanaman Janggelan yang telah dipanen selanjutnya dikeringkan dengan cara menghamparkannya di atas permukaan tanah, sehingga warnanya berubah dari hijau menjadi coklat tua. Tanaman cincau yang telah kering ini merupakan bahan baku utama pembuatan cincau hitam.
Sebenarnya, cincau bukanlah nama tumbuh-tumbuhan, melainkan istilah populer untuk menyebut gel serupa agar-agar, yang diperoleh dari hasil perendaman dan peremasan daun (atau organ lain) tumbuhan tertentu dalam air. Para ahli ilmu tumbuhan menyebut, gel terbentuk karena daun tumbuhan tersebut mengandung sejenis karbohidrat yang mampu mengikat air. Kata ‘cincau’ sendiri berasal dari dialek Hokkian, sienchau, atau xiancau dalam dialek Hanzi. Istilah ini lazim dilafalkan di kalangan Tionghoa di Asia Tenggara, yang kemudian diserap bahasa Indonesia menjadi ‘cincau’.

Kandungan Gizi&Manfaat cincau hitam/bubuk cincau hitam instan

Selain berperan sebagai dessert, cincau hitam juga bermanfaat untuk kesehatan. Khasiat tersebut terkait erat dengan kandungan serat larut air (soluble dietary fiber) yang terdapat di dalamnya. Di dalam tubuh, serat larut air dapat mengikat kadar gula dan lemak/kolesterol, sehingga bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes melitus, jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular lainnya. Selain itu, cincau hitam juga mengandung nilai gizi yang cukup baik, terutama jika ditinjau dari kandungan mineral dan vitaminnya. Namun, cincau hitam (produk jadi) merupakan bahan makanan yang sangat minim kandungan gizinya. Kandungan terbesar adalah air, hampir mencapai 98 persen. Mengingat dalam proses pembuatannya ditambahkan mineral dan pati, cincau hitam mengandung sejumlah mineral dan karbohidrat dalam jumlah lumayan. Cincau hitam mengandung kalori lebih banyak daripada cincau hijau, 100 gram cincau hitam mengandung 122 kalori, 6 gram protein, 1 gram Lemak, 26 gram karbohidrat, dengan vitamin C dan vitamin A yang rendah.
Air cincau hitam tersebut direbus janggelan kering sehingga diperoleh ekstrak yang berwarna hitam. Ekstrak cincau mengandung senyawa fenol 17.3 persen, steroid 0.23 persen, flavoid 1.34 persen dan asam kafeat 50.14 ppm. Bahan-bahan tersebut merupakan senyawa bioaktif yang berfungsi untuk anti oksidan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa ekstrak air cincau hitam bersifat imunomudolator, yaitu dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh dalam keadaan sehat maupun sakit. Selain itu, ekstrak cincau hitam bersifat kemoproventif terhadap proses karsinogenesis yang mampu mencegah dan menghambat pertumbuhan kanker dengan sistem imuno. Cincau hitam juga mengandung antioksidan kuat yang efeknya lebih ampuh daripada vitamin E yang selama ini dipuji sebagai antioksidan kuat. Pada konsentrasi yang sama, yaitu 50 mg/ml, diketahui bahwa ekstrak cincau hitam memiliki aktivitas antioksidan yang lebih kuat dibandingkan vitamin E, yaitu masing-masing sebesar 98,9 persen dan 78 persen. Secara tradisional, masyarakat Indonesia sudah meyakini cincau hitam baik untuk kesehatan.
Tabel komposisi gizi daun cincau hitam per 100 gram bahan (digunakan sebagai bahan baku bubuk cincau hitam instan)
(Kandungan gizi dan jumlahnya)
Energy (kkal) 122
Protein (gram) 6
Lemak (gram) 1
Karbohidrat (gram) 26
Kalsium (mg) 100
Fosfor (mg) 100
Besi (mg) 3.3
Vitamin A (SI) 10750
Vitamin B1 (mg) 80
Vitamin C (mg) 17
Air (gram) 66
Bahan yang dapat dicerna (%) 40
Sumber: Direktorat Gizi Departemen Kesehatan 1996
CARA MEMASAK BUBUK CINCAU HITAM
1 . Siapkan Bubuk Cincau Hitam
Sebanyak 100Gram ( 8 Sendok Makan ).
2 . Masukan Bubuk Cincau hitam Kedalam 1.500Mili / 1,5 Litter Air ( Suhu Kamar ) Aduk – Aduk Sampai Rata
3 . Masak Campuran Tersebut Dengaan Api Sedang Sambil Terus Di aduk .
4 . Tunggu Sampai Mendidih Sambil Di Aduk
)*Pemanasan Sampai Mendidih Jangan Terlalu Lama
5 . Tempatkan Ke Daalam Wadah . Tunggu Sampai Agak Dingin Lalu di Amankan Ke Delama Kulkas Selama 1 – 2 Jam , Cincau hitam Siap Di Sajikan
6 . Simpan Di Kulkas Apabila Tidak DI gunakan .
Untuk Pemesanan Bubuk Cincau Hitam Silahkan Hubungi :
BATAVIA CAPPUCINO
BB :5cfab223/ 233836E3/28A8ED42
HP: O82213187625 / 081296641771/081381709704

Website : www.bataviacappucino.com
bataviacappucinopusat.blogspot.com
Atau datang langsung ke alamat kami di :
Jl. Bekasi Timur II No. 8 RT.17/RW.04
Rawa Bunga, Jatinegara
Jakarta Timur
Buka setiap hari Senin sd Minggu
Pukul 8.00 sd 21.00bubuk cincau hitam batavia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar